Banyak yang mengira bahwa kartu kredit hanya akan membuat kita terjebak dan hidup dalam lingkaran utang tak berkesudahan. Tak sedikit pula yang beranggapan kartu kredit hanya akan membuat kita berada di ‘lingkaran setan’ karena utang dinilai sebagai hal buruk.

Padahal, berutang juga tak semata-mata hal negatif, melainkan bisa jadi hal positif. Kok, bisa? Sebagai contoh, pengusaha bisa mengembangkan bisnisnya dan sukses karena dapat suntikan modal alias utang.

Artinya, utang jadi hal positif yang menandakan adanya keinginan seseorang untuk terus bergerak tumbuh dan maju, karena hidup itu dinamis.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Hari Gini, Masih Berkutat dengan Pola Pikir Konvensional?

Ubah Pola Pikir Ubah pola pikir yang konvensional

Namun tak sedikit di era modern seperti sekarang ini orang masih berpola pikir konvensional bahwa utang adalah sesuatu yang buruk bahkan ‘salah’. Hingga memunculkan stigma negatif soal penggunaan kartu kredit. Eits, jangan ditelan mentah-mentah dahulu paradigma itu!

Tentu saja, ada sebab maka ada akibat pula yang ditimbulkan. Jika banyak digembar-gemborkan bahwa kartu kredit hanya membuat hidup dalam jeratan utang yang ‘menyesatkan’, semua itu tidak lain karena dampak dari penggunaannya yang salah.

Padahal sebaliknya, jika memang segala sesuatunya dilakukan dengan cara yang baik dan benar. Maka, “tak ada itu istilah hidup makin susah dan sulit karena kartu kredit!” Tapi justru malah diuntungkan dan dimudahkan dengan adanya kartu kredit alias kartu utang ini.

Baca Juga: Ini Waktu yang Tepat untuk Memiliki Kartu Kredit

Bayar Tagihan Kartu Kredit akan Terasa Ringan Bila…

Tagihan Kartu Kredit Ilustrasi tagihan-tagihan kartu kredit

Cara paling ampuh menghindari beratnya membayar tagihan kartu kredit adalah sebisa mungkin tidak melakukan kesalahan. Tentu saja, dengan begitu membayar tagihan pun akan terasa ringan.

Itu adalah teorinya. Lalu, bagaimana praktiknya? Mudah saja, lunasi semua tagihan yang ada. Karena dengan melunasinya, maka sama sekali tidak ada bunga yang dibebankan atas transaksi kita. Ini hanya salah satu cara saja!

Masih ada beberapa trik jitu lainnya agar terasa ringan saat membayar tagihan kartu kredit dan diuntungkan dengan memiliki kartu kredit sebagaimana Cermati.com ulas berikut ini.

1. Bayar Tagihan Kartu Kredit di E-Commerce

Sekarang ini sudah banyak e-commerce yang menawarkan jasa pembayaran kartu kredit. Tak tanggung-tanggung, setiap kali membayar tagihan kartu kredit, kita bakal mendapatkan cashback hingga ratusan ribu! Nah, cashback atau kupon potongan maupun diskon ini bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Wah, pasti untung, bukan?

2. Lunasi Semua Tagihan

Tagihan Kartu Langsung melunasi tagihan lebih menguntungkan

Hal menarik dan menguntungkan lainnya serta bakal membuat pembayaran tagihan kartu kredit jadi ringan itu bila kita melunasi semua tagihan. Dengan melunasinya, maka tidak ada bunga yang dibebankan atas penggunaan kartu kredit tersebut alias gratis.

Kecuali untuk tarik tunai yang dikenakan biaya bunga namun masih relative cukup kecil, yakni hanya sekitar 0,25% hingga 0,95% tergantung jenis kartu kreditnya. Dan bunga cicilan, kecuali cicilan 0% tidak akan dikenakan bunga. Kita hanya dikenakan biaya materai yang hanya sebesar Rp6.000 saja. Murah, kan?

3. Bayar Sebelum Jatuh Tempo

Berikutnya adalah bayarlah tagihan kartu kredit sebelum tanggal jatuh tempo. Sehingga kita tidak akan dikenakan beban bunga dan denda atas keterlambatan pembayaran tagihan tersebut. Sehingga kita tidak perlu mengeluarkan sejumlah uang yang seharusnya tidak perlu dikeluarkan.

4. Gunakan Kartu Kredit Maksimal 30% dari Limit

Batas Limit Kartu Kredit Gunakan kartu kredit di bawah limit yang diberikan

Perlu diperhatikan, kenapa jangan menggunakan kartu kredit hingga di atas 30% dari kredit limit? Ini demi kesehatan keuangan tentunya. Sebagai rumus kesehatan finansial disebutkan bahwa batas aman utang adalah tidak lebih 30% dari pendapatan.

Nah, jika kita hanya menggunakan kartu kredit tidak lebih 30% dari kredit limit, maka saat membayar tagihan pun akan tidak terlalu memberatkan. Artinya, uang gaji tidak habis hanya untuk membayar tagihan kartu kredit.

5. Kalau Perlu Gunakan Cara Auto Debit

Saat kita menggunakan fitur layanan debit otomatis (auto debit) untuk pembayaran kartu kredit, maka saldo di rekening bank akan terpotong langsung untuk membayar lunas. Sehingga secara psikologis akan meringankan dan terhindar dari keinginan untuk membayar tagihan secara minimum yang nantinya memunculkan sejumlah bunga untuk tagihan bulan depan.

Baca Juga: ‘Karyawan Fresh Graduate’ Juga Perlu Punya Kartu Kredit, Kenapa?

Kesalahan yang Merugikan saat Bayar Tagihan Kartu Kredit

Bayar Kartu Kredit Hindari kesalahan agar diuntungkan dengan kartu kredit

Nah, agar Anda tidak pernah menyesal memiliki kartu kredit, sebaiknya hindari kesalahan-kesalahan berikut ini saat membayar tagihannya, di antaranya:

1. Terlambat Membayar Tagihan

Ya, tentu saja bukan hanya soal kartu kredit, hampir semua hal jika terlambat membayar tagihan pasti akan dikenakan denda. Namanya juga denda, pasti jadi merugikan karena mengeluarkan sejumlah uang secara percuma. Jadi, jangan pernah terlambat bayar tagihan, ya?

2. Bayar di Bawah Batas Minimum Tagihan

Ketika tanggal cetak tagihan tiba, kita pasti akan melihat rincian nominal penggunaan atau transaksi kartu kredit dan jumlah tagihan baru, serta pembayaran minimum yang tertera. Bahkan jumlah nominal terkecil yang harus dibayarkan ke bank tersebut juga ditemukan saat akan membayar tagihan kartu kredit, baik itu melalui internet banking maupun ATM.

Artinya, kita harus membayar tagihan di batas minimum yang telah ditetapkan jika belum bisa melunasinya. Apa yang terjadi bila membayar tagihan kartu kredit di bawah batas minimum pembayaran? Maka kita kita akan dianggap telat bayar, dan pada bulan berikutnya akan ditagihkan bunga sekaligus denda keterlambatan.

Kartu Kredit itu Menguntungkan, Bukan Merugikan

Kita bakal untung menggunakan kartu kredit karena bukan hanya di saat membutuhkan bisa dengan mudah bertransaksi yakni kapan pun dan di mana pun berada, juga tidak perlu membayar bunga untuk belanja kecuali tarik tunai (itu pun bunganya relative cukup kecil), serta mendapatkan reward maupun diskon dan beraneka macam promo yang justru akan menghemat pengeluaran.

Tentu saja, dengan trik jitu tersebut akan menepis semua tuduhan bahwa menggunakan kartu kredit itu hanya akan merugikan saja. Ya, itu salah besar pastinya! Dengan melakukan strategi pembayaran tagihan kartu kredit dengan poin-poin di atas, maka bakal mendapatkan keuntungan yang membuat Anda tidak akan pernah menyesal menggunakan kartu kredit. Bagaimana bisa menyesal kalau ternyata diuntungkan, bukan?

 

oleh

Sumber :www.cermati.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *